Sabtu, 03 Maret 2012

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Makhluk hidup harus memiliki ciri-ciri berikut ini:

Bernafas
     Setiap saat makhluk hidup selalu bernafas. Bernafas adalah proses pengambilan oksigen dari udara bebas serta melepaskan karbondioksida dan uap air. Oksigen digunakan untuk pembakaran zat makanan yang disebut dengan oksidasi biologis. Hasil oksidasi biologis adalah energi yang digunakan untuk bergerak, tumbuh dan berkembang. Sisa pembakaran berupa karbon dioksida dan uap air.
     Hewan darat umumnya bernafas dengan paru-paru sedangkan hewan air bernafas dengan insang kecuali paus dan lumba-lumba. Tumbuhan bernafas dengan stomata yang terdapat di daun dan lenti sel yang terdapat di batang.

Bergerak
     Semua makhluk hidup dapat bergerak. Yang membedakan hanyalah gerak yang terjadi pada hewan adalah gerak aktif artinya gerak berpindah tempat sedangkan gerak pada tumbuhan adalah gerak karena menanggapi rangsangan.

Peka terhadap rangsang (iritabilita)
     Agar makhluk hidup dapat bertahan hidup maka makhluk hidup harus memiliki kemampuan untuk menanggapi rangsang. Hewan dan manusia memiliki indera untuk mengetahui adanya rangsang. Tumbuhan tidak memiliki alat indera namun demikian tumbuhan tetap memiliki kemampuan menanggapi rangsangan.

Memerlukan makanan (nutrien)
     Hewan mendapatkan makanan dari tumbuhan atau hewan lain sedangkan tumbuhan dapat membuat makanan sendiri dengan proses fotosintesis. Fotosintesis berbahan dasar air dan karbondioksida dibantu dengan sinar matahari dan klorofil menghasilkan oksigen dan karbohidrat.

Mengeluarkan zat sisa atau ekskresi
     Pada hewan dan manusia zat sisa dikeluarkan bersama urine melalui ginjal, keringat melalui kulit dan karbondioksida melalui paru-paru. Tumbuhan juga mengeluarkan zat sisa melalui celah di permukaan ranting, dahan, batang dan mulut daun.

Tumbuh dan berkembang
     Tumbuh merupakan pertambahan jumlah dan ukuran sel sehingga makhluk hidup bertambah tinggi dan bertambah besar. Berkembang adalah perubahan makhluk hidup menuju kearah kedewasaan.

Berkembang biak (Reproduksi)
     Perkembangbiakan pada makhluk hidup dibedakan menjadi 2 yaitu perkembangbiakan secara kawin (generatif) dan perkembangbiakan secara tak kawin (vegetatif). Perkembangbiakan generatif melibatkan 2 induk yang diawali dengan terjadinya peleburangamet jantan dan betina untuk membentuk zigot. Dengan demikian ada variasi sifat pada anakan yang terbentuk. Perkembangbiakan secara vegetatif hanya melibatkan 1 induk saja sehingga anakannya sama persis dengan induknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar